sahabatblogger. Udah lama nih gak nulis blog lagi, karna sedikit sibuk mungkin. Normalnya sistem pengereman bagian belakang untuk matic masih menggunakan tromol, berbeda untuk jenis motor keluaran terbaru yang sudah menggunakan sistem pengereman cakram. Ada plus minus untuk kedua pengereman menggunakan tromol dan chakram.
bahan yang diperlukan adalah :
Kelebihan Rem Tromol
Kekurangan Rem Cakram
Kelebihan Rem Cakram
Untuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara pasang cakram belakang untuk matic.bahan yang diperlukan adalah :
- Velg (yang sudah dibubut untuk dudukan disk)
- Cakram / disk (yang sudah disesuaikan dengan velg)
- Kaliper (disesuaikan disini penulis menggunakan kaliper supra-x)
- Bracket (nanti dibuat dibengkel bubut)
- tambahan untuk beat harus modifikasi as roda dikarenakan as bawaan pendek.
- Langkah pertama, siapkan velg yang sudah dibubut untuk dudukan cakram (cakram yang buat bahan menggunakan cakram karisma karena tipe cakramnya yang melengkung, jadi tidak ada tambahan dudukan) Boleh saja menggunakan cakram yang pipih tapi harus ditambah dudukan cakram agar kaliper nantinya tidak mentok dengan velg.
- Setelah itu siapkan bracket untuk dudukan kaliper, jika motor sobat sudah ada swing arm seperti vario, nouvo atau skywave bisa dimodifikasi ke bengkel bubut agar dibuatkan dudukan kaliper. Jika tidak ada terpaksa membuat dudukan kaliper disertakan bearing / laher.
- Untuk matic jenis beat harap as rodanya dimodifikasi dahulu ke bengkel bubut agar dipanjangkan karena as roda beat termasuk pendek.
- Satu set master atas kiri bisa menggunakan kw nmax ataupun pcx bebas.
- Setelah bahan-bahan siap tinggal dipasang keseluruhan.
Gimana sobat mudah kan?
Semoga bermanfaat untuk kalian
Gimana dengan nasib knalpot nya gan
ReplyDeleteKlh mtr Suzuki nex 2018
ReplyDeletebisah ka