Skip to main content

PASANG CAKRAM BELAKANG DIMATIC ? KENAPA TIDAK LIHAT TUTORIAL BERIKUT.

sahabatblogger. Udah lama nih gak nulis blog lagi, karna sedikit sibuk mungkin. Normalnya sistem pengereman bagian belakang untuk matic masih menggunakan tromol, berbeda untuk jenis motor keluaran terbaru yang sudah menggunakan sistem pengereman cakram. Ada plus minus untuk kedua pengereman menggunakan tromol dan chakram.

Kelebihan Rem Tromol

Tidak mudah terkena kotoran dan debu
Karena letaknya yang berada didalam, maka rem Tromol tidak mudah disusupi debu ataupun kotoran sehingga kinerjanya tidak akan terganggu.
Sistem Rem yang mudah dan harganya yang murah
Pada intinya sistem rem tromol ini  sangat mudah dan simpel sekali, namun dengan kinerja yang powerful menghentikan laju kendaraan. selain mudah, rem tromol juga murah pada setiap komponenya (kampas), motor yang menggunakan rem tromol juga lebih murah dibandingkan yang menggunakan rem cakram.
Kinerja pengerman yang Lembut
Berbeda dengan rem cakram yang ganas karena akurasinya tinggi, rem tromol menghasilkan pergerakan penghentian/perlambatan yang lebih perlahan atau lembut.
Mampu menahan beban Besar
Sistem rem ini dikenal bisa menahan beban berat dan besar, terbukti kendaraan roda empat seperti Bus dan Truk juga menggunakan rem tromol.

Kekurangan Rem Tromol

Rem tidak terlalu pakem
Karena penghetianya yang hanya menggunakan sistem gesekan dan bukan cengkraman (cakram) tentu hasil pengeremanya tidak terlalu pakem dan instan, tidak seperti rem cakram.
Pergantian Kampas reltif lebih lama dan rumit
Tidak seperti rem cakram yang tidak perlu mencopot as roda dan membuka drum untuk mengganti kampas, di rem tromol pergantian kampas relatif lebih membutuhkan waktu yang lama dibandingkan rem cakram, yang dimana rem cakram tinggal mencopot baut kaliper.
Tidak enak dipandang
Aspek keindahan berkurang jika menggunakan rem tromol (relatif), disana ada tuas yang mengganggu objek mata melihat bulatnya ban, berbeda dengan rem cakram yang pastinya lebih enak dipandang.

Kekurangan Rem Cakram

Riskan Kerusakan dan Mudah terkena kotoran
Krena rem Cakram menggunakan Disk Brake yang posisinya di luar, maka jika terjadi benturan akan merusah keseluruhan kinerja rem dan laju roda motor, selain itu debu atau kotoran juga menjadi penghambat rem cakram bekerja maksimal. Hal ini berbeda dengan rem Tromol yang posisinya didalam.
Kinerja Pengereman Kasar
Hasil pengereman menggunakan rem Cakram lebih galak daripada rem Tromol, jadi pengereman tidak begitu halus dan cenderung kasar. Meskipun hal itu bisa disiasati dengan menekan rem secara perlahan yang membutuhkan tingkat detail dalam menekan tuas rem.
Risiko Rem Mengancing
Untuk Disk Brake yang tidak dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), risiko rem mengancing selalu membayangi pengguna rem cakram. Rem mengancing sangat berbahaya bila terjadi di kecepatan yang sangat tinggi dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Kelebihan Rem Cakram

Cepat menghentikan Laju/Pakem
Kelebihan yang pertama pada Rem Cakram adalah kecepatan dalam menghentikan laju kendaraan atau yang kita sebutnya pakem. Dengan model jepit dan bukan gesek (pelebaran kampas rem) seperti sistem pada Drum Brake, dalam menhentikan laju akan lebih cepat.
Lebih Stabil dan Konsisten
Penggunaan Rem Cakram lebih stabil dan konsisten dalam setiap takaran pengereman, dengan rem cakram kita tidak akan menjumpai pengereman yang terkadang tajam dan terkadang tidak seperti apabila menggunakan rem tromol.
Good Looking
Secara Visual, dengan penggunaan Rem Cakram dapat memperindah penampilan sepeda motor atau istilahnya Lebih Good Looking daripada penggunaan Rem Tromol.
 Untuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara pasang cakram belakang untuk matic.
bahan yang diperlukan adalah :

  • Velg (yang sudah dibubut untuk dudukan disk)
  • Cakram / disk (yang sudah disesuaikan dengan velg)
  • Kaliper (disesuaikan disini penulis menggunakan kaliper supra-x)
  • Bracket (nanti dibuat dibengkel bubut)
  • tambahan untuk beat harus modifikasi as roda dikarenakan as bawaan pendek.
Biarkan gambar yang menjelaskan,







  1. Langkah pertama, siapkan velg yang sudah dibubut untuk dudukan cakram (cakram yang buat bahan menggunakan cakram karisma karena tipe cakramnya yang melengkung, jadi tidak ada tambahan dudukan) Boleh saja menggunakan cakram yang pipih tapi harus ditambah dudukan cakram agar kaliper nantinya tidak mentok dengan velg.
  2. Setelah itu siapkan bracket untuk dudukan kaliper, jika motor sobat sudah ada swing arm seperti vario, nouvo atau skywave bisa dimodifikasi ke bengkel bubut agar dibuatkan dudukan kaliper. Jika tidak ada terpaksa membuat dudukan kaliper disertakan bearing / laher.
  3. Untuk matic jenis beat harap as rodanya dimodifikasi dahulu ke bengkel bubut agar dipanjangkan karena as roda beat termasuk pendek.
  4. Satu set master atas kiri  bisa menggunakan kw nmax ataupun pcx bebas.
  5. Setelah bahan-bahan siap tinggal dipasang keseluruhan.
Seperti pada video tutorial berikut:



Gimana sobat mudah kan?
Semoga bermanfaat untuk kalian

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

UNLOCK MODEM BOLT BL500

Sejak 28 Desember 2018 layanan bolt resmi berhenti beroperasi. Kebetulan saya berlangganan produk Bolt Home yang saya pasang di kediaman orang tua saya di Depok. Karena itu pula saya membutuhkan alternatif koneksi Internet untuk mereka. Sialnya sampai saat ini saya belum menemukan koneksi alternatif karena daerah rumah mereka tidak dilewati leased line apapun kecuali IndiHome. Download : Firmware Bolt BL500 Tentu saja dengan limitasi, yaitu hanya dapat beroperasi di jaringan Smartfren saja, saya maklumi karena modem tersebut single band hanya berjalan di frekuensi 2300 MHz (FYI: Menurut Om Herry SW, Telkomsel juga menggunakan frekuensi 2300 MHz di beberapa lokasi di Jakarta ). Prosedur unlock Modem Helios G2 BL500 sendiri cukup mudah, yang kita perlukan hanya update firmware modem tersebut ke versi 00.00.96.999. Masalah berikutnya adalah bagaimana memberitahu mereka cara unlock-nya, biasanya jika ada masalah pada komputer mereka saya pakai TeamViewer , dalam kasus i...

Program Rental Mobil Menggunakan C++

How are you sobat, saya harap sih sobat sekalian membaca artikel ini dengan keadaan sehat-sehat saja yah sobat amin, dan semoga kita juga selalu diberikan kesehatan maupun kemudahan bagi kita semua sobat oleh Allah SWT sang pencipta kita yang maha kuasa dan esa. Untuk kesekian kalinya sobat lagi- lagi saya kembali memposting tutorial ataupun coding dari bahasa pemrograman C++ sobat maklum sobat pemrograman terstruktur C++ ini sobat merupakan mata kuliah saya juga di semester 3 sobat. Adapun judul dari program yang mau saya posting ini sobat yaitu Program Sewa Mobil di C++  atau bisa juga disebut dengan program rental mobil dengan C++ sobat. Program Sewa Mobil di C++ ini sobat menggunakan pernyataan NESTED IF (if bersarang) sobat ataupun biasa lebih dikenal dengan penyataan If dalam If, misalnya saja sobat  jika pernyataan tersebut benar atau salah maka akan ada suatu pernyataan lagi dan jika setelah pernyataan itu terpenuhi masih ada pernyataan lagi maka akan dikerjakan...

Mudah!! Cara Unlock Bolt MF90

Sahabat Blogger, pada kali ini gw akan membahas cara unlock bolt MF90 . Saya sudah mencobanya sendiri dengan firmware B07 dan terbukti 100% Work. Tidak usah berlama - lama langsung saja gw share step by stepnya. Sebelumnya Download dulu alat tempurnya, ADB Driver Update (Win 7 32 dan 64 bit) Unlock Bolt MF90 B07 dsp2.mbn Langkah Unlock Bolt MF90 B07 , Download dan Extract file-file diatas Buka Folder "Unlock Bolt MF90 B07" dan jalankan aplikasi " MF90 Unlocker.exe ". Install Driver ZTE dengan klik "Install Driver MF90" install seperti biasa. Buka Folder ADB Driver Update lalu Copy file " Fastboot.exe " ke C:\Program Files\ZTE LTE Datacard Product USB Driver". Copy file dsp2.mbn ke "C:\Program Files\ZTE LTE Datacard Product USB Driver". Hidupkan modem bolt kita, lalu sambungkan ke komputer/laptop kita. (Dengan masih terpasang kartu bolt / tanpa kartu saja). Jalankan debug dg copas ini di browser terus enter...